Kamis, 10 Februari 2011

Sejarah Perkembangan Komputer

    Sekarang ini kita hampir tidak bisa melepaskan diri dari suatu peralatan teknologi yang bernama komputer.hampir dimana pun kita berada, kita dapat menemukannya. tetapi, tahukah kamu sejarah perkembangan komputer?
    komputer berasal dari kata to compute yang berarti menghitung. jika kita mempelajari sejarah perkembangan komputer, maka kita tidak bisa lepas dari sejarah perkembangan alat hitungh. hal ini karena pada prinsipnya komputer itu sama saja dengan alat hitung.
     sejarah perkembangan komputer berawal dari dikenalnya suatu alat hitung sederhana yang disebut sempoa (abacus). selanjutnya, pada tahun 1917 John Napier menemukan cara berhitung dengan menggunakan bael bujur sangkar yang terdiri dari 9x9 kolom yang masing-masing berisikan angka 1 sampai angka 9 yang dikenal dengan nama tulang-tulang Napier (Napier's Bones). di tahun 1621 ditemukan Slide Rule yang merupakan arah maju pada alat hitung yang bersifat mekanis.
     Blaise Pascal, seorang ahli matematika menciptakan kalkulator roda numerik untuk membantu ayahnya melakukan perhitungan pajak. kotak persegi kuningan ini yang dinamakan Pascaline.
     Pascaline menggunakan delapan roda putar bergigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit. laat ini merupakan alat penghitung bilangan berbasis sepuluh. pada tahun 1694, seorang matematikawan dan filsuf Jerman, Gottfred Wilhem Von Leibniz memperbaiki Pascaline dengan membuat mesin yang dapat melakukan operasi perkalian dan pembagian. alat ini dikenal dengan nama Leibnitz Calculation Machine.
      sebenarnya awal mula komputer dibentuk oleh seorang professor matematika inggris, Charles Babbage. Babbage membuat mesin diferensial (difference engine) yang digunakakn untuk melakukan perhitungan persamaan diferensial.
      dengan menggunakan tenaga uap, mesin tersebut dapat menyimpan program dan dapat melakukan kalkulasi serta mencetak hasilnya secara otomatis. setelah bekerja dengan menggunakan mesin diferensial selama sepuluh tahun, babbage membuat komputer genera purpose yang pertama, yang disebut Analytical engine. Analitical Engine merupakan alat komputasi pertama yang menggunakan kartu yang dilubangi untuk menyimpan data.
       pada tahun 1890, Herman Hollerith dari Biro Sensus Amerika berhasil menciptakan mesin punchea card counting yang menggunakan punch card (kartu perforasi/berlubang-lubang) sebagai media datanya.penemuan punch card ini merupakan penemuan yang gemilang dalam sejarah komputer, sehingga Herman Hollerith dijuluki sebagai bapak komputer modern.
       di tahun 1944, Howard Aiken dari Harvard University yang bekerja sama dengan Internasional Bussiness Machine(IBM), berhasil membuat sebuah mesin komputer yang mampu melaksanakan serentetan operasi aritmatika secara otomatis. mesin ini dinamakan Mark 1 dan dapat dikatakan sebagai komputer pertama yang diciptakan manusia.
        seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, komputer pun mengalami kemajuan perkembangan teknologi komputer dapat kita kelompokkan sebagai berikut.
a.    Komputer Generasi Pertama
         komputer generasi pertama dikembangkan pada saat Perang Dunia Kedua. Komputer generasi ini memiliki ciri bahwa operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut bahasa mesin (machine language). hal ini menyebebkan komputer sulit untuk diprogram dam membatasi kecepatannya. komputer pada generasi ini membutuhkan banyak daya. contohnyaadalah Electronic Numeris Integrator and computer (ENIAC) yang membutuhkan daya 160 kW. ciri lain dari komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar. selain itu, komputer pada masa itu pun memiliki silinder magnetik yang digunakan untuk menyimpan data.

b.    komputer generasi kedua
          pada komputer generasi kedua, tubevakum telah digantikan oleh transistor. akibatnya, ukuran komputer berkurang drastis. pada komputer generasi kedua telah terjadi pula pengembangan memori anti magnetik yang membantu pengembangan komputer menjadi lebih kecil, lebih cepat, lebih dapat diandalkan, dan dapat lebih menghemat energi dibanding pendahulunya. komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan-singkatan untuk menggunakan kocde biner.

c.    komputer generasi ketiga
         komponen transistor yang digunakan pada komputer generasi kedua digantikan dengan integrated circuit (IC). hal ini karena transistor menghasilkan panas yang cukup besar yang dapat merusak bagian-bagian internal komputer. 1C mengombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa. ilmuwan pun berhasil memasukanlebih banyak komponen ke dalamsuatu chip tunggal yang disebut semi konduktor. akibatnya, komputer menjadi semakin kecil.
       kemjuan komputer pada generasi ketigas lainnya adalah penggunaan Sistem Operasi (Operating System). sistem operasi ini memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secra serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengoordinasikan memori komputer. selain itu, komputer pada generasi ketigas juga memiliki ciri harga yang lebih murah dan penggunaan listrik yang lebih hemat.

d.    komputer  generasi keempat
         komputer generasi ini, tujuan pengembangan komputer adalah mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI). LSI dapat memebuat ratusan komponen dalam sebuah chip. kemampuan untuk memasang banyak komponen dalam chip telah mendorong menurunnya harga komputer. hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien, dan keterandalan komputer. ciri lain yang dimiliki komputer pada generasi keempat adalah dikembangkanya komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semi conductor yang berbentuk chip memori komputer .
        pada masa ini juga IBM mulai memperkenalkan Personal Computer (PC) untuk penggunaan di rumah, kantor, dan sekolah. komputer pun melanjutkan evolusinya menuju ukuran yang lebih kecil, dari komputer yang ada di atas meja (dekstop computer) menjadi komputer yang dapat di masukan ke dalam tas (laptop), atau bahkan komputer yang dapat digenggam (palmtop). selain IBM, prusahaan Apple-Macintosh mempopulerkan sistem grafis pada komputernya. Macintosh pun memperkenalkan penggunakan piranti mouse.

e.     komputer generasi kelima
         komputer generasi kelima masih dalam pengembangan. komponen yang digunakan adalah VLSI (Very Large Scale Integration). komputer pada generasi ini akan dikembangkan kepada komputer yang dapat menerjemahkan bahasa manusia, bercakap-cakap dengan manusia, dan dapat melakukan diagnosa penyakit dengan lbih akurat. selain itu, komputer ini juga diramalkan dapat berpikir dan mempunyai perasaan seperti manusia.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar