Jumat, 04 Februari 2011

Media komunikasi Modern

a.  Telepon
         telepon merupakan alat telekomunikasi yang dapat mengirimkan pembicaraaan melalui sinyal listrik. dengan menggunakannya kita bisa berkomunikasi secara lisan dengan seseorang yang berjarak jauh. telepon pertama kali diciptakan oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1876. lat ini merupakan sarana komunikasi yang praktis, maka tidaklah mengherankan apabila telepon berkembang pesat.
         jika semula telepon hanya terbatas pada telepon tetap (fixed line telphone), maka sejak 3 April 1973 telah dikenal suatu teknologi yang dikenal dengan nama telepon genggam atau yang lebih dikenal dengan sebutan handphone (disingkat HP). HP merupakan salah satu teknologi komunikasi yang saat ini marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pada awalnya HP hanya digunakan oleh kalangan tertentu, misalnya pengusaha. akan tetapi, sekarang ini HP seolah telah menjadi kebutuhan primer. Fungsi HP kini tidak hganya sebagai alat komunikasi yang efektif, tetapi juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup, penampilan, tren, dan prestise (gengsi).
          teknologi dari alat komunikasi ini semakin lama semakin maju. ukuran dan bentuk HP pun semakin hari semakin kecil dan menarik. Fitur-fitur yang ditawarkan pun semakin beragam. kini HP dilengkapi dengan kamera digital, radio FM, pemutar MP3, video, dan berbagai game menarik. jadi dunia HP adalah dunia untuk berkomunikasi, berbagi, mencipta, dan menghibur dengan suara, tulisan, gambar, musik, dan video.
         teknologi telepon genggam (handphone) dewasa ini telah memungkinkan kita untuk bertukar/berkirim gambar/foto melalui layanan MMS, browsing (menjelajah) dunia internet hingga mengirim e-mail lewat teknologi WAP (Wireless  Application Protocol) dan GPRS (Generak Packet Radio Service), bahkan kita juga bisa menyaksikan acara televisi di handphone berkat 3G. 3g adalah singkatan dari generasi ketiga, suatu istilah untuk standar teknologi internasional yang punya tujuan meningkatkan efisiensi dan memperbaiki kinerja jaringan seluler. jadi intinya, 3G menawarkan peningkatan aplikasi yang ada sekarang sehingga aktivitas browsing di internet bisa lebih cepat, kualitas panggilan suara lebih oke, kirim-kiriman data lebih instan, dan masih banyak lagi.
        telepon genggam, selain berfungsi untuk melakukan dan menerima panggilan telepon, umumnya juga mempunyai fungsi pengiriman dan penerimaan pesan singkat (short message service; SMS). telepon-telepon yang lebih mahal juga sering menambahkan fitur layanan seperti multimedia message service (MMS) dan internet (WAP, GPRS, 3G). ada pula penyedia jasa telepon genggam di beberapa negara ynag menyediakan layanan generasi ketigas (3G) yang menambahkan jasa videophone maupun televisi online di telepon genggam mereka.
b.    Koran (Surat Kabar)
          setiap pagi bagi kebanyakan orang terasa kurang lengkap jika tidak membaca selembar koran untuk menemani s=meraka sarapan atau minum kopi. koran atau surat kabar merupakan suatu penerbitan yang ringan dan mudah dibuang, biasanya dicetak pada kertas tebiaya rendah yang disebut kertas koran, yang berisi berita-berita terkini dalam berbagai topik. topiknya bisa berupa kejadin politik, olahraga, tajuk rencana, dan cuaca. surat kabar biasanya juga berisi kartun, teka -teki silang (TTS), dan hiburan lainnya.
          ada juga koran yang dikembangkan untuk bidang-bidang tertentu, misalnya berita untuk industri tertentu, penggemar olahraga tertentu, penggemar seni, atau partisipan kegiatan tertentu. jenis surat kabar umum biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari libur. selain itu terdapat juga surta kabar mingguan dan surat kabar yang terbit sore hari.
         koran pertama kali dikenal pada tahun 59 SM (Sebelum Masehi) di kekaisaran Romawi Kuno. saat itu koran hanya berisi jurnal kegiatan sang kaisar, yaitu Julius Caesar yang bertajuk "Ada Diurna". walaupun begitu, baru pada tahun 1605 surat kabar terbit pertama kali dalam bentuk tercetak oleh Johan Carolus dengan tajuk "relation". koran tertua di dunisa yang saat ini masih terbit adalah "Post-och Inrikes Tidningar" dari Swedia yang terbit pertama kali pada tahun 1645. saat ini koran tidak hanya berbentuk kertas, tetapi juga disertai dengan versi on line-nya di internet.
c.     Televisi
          media komunikasi yang satu ini merupakan media komunikasi yang sangat populer. hampir seluruh rumah tangga di dunia ini mempunyai sebuah atau lebih televisi. tetapi,apakah televisi itu ? televisi atau yang biasa kita sebut sebagai TV merupakan sebuah alat penangkap siaran bergambar. televisi berasal dari kata tele yang berarti jauh dan vision yang berarti tampak. jadi, televisi berarti melihat dari jarak jauh.
           penemuan televisi telah mengubah peradaban dunia. hal ini karena televisi telah memberikan begitu banyak informasi kepada kita. beragam stasiun televisi yang ada saat ini dengan aneka program siarannya yang disajikan, telah menjadikan televisi sebagai sumber segala informasi,. berita, dan juga hiburan.
            televisi diciptakan berawal dari ditemukannya cakram metal (logam) kecil yang berputar dan memiliki banyak lubang oleh Paul Nipkiw pada tahun 1883. seiring dengan perkembangan teknologi, televisi pun mengalami perkembangan yang sangat cepat. jika dulu kita hanya bisa menikmati televisi hitam-putih, maka sekarang kita bisa menikmati televisi berwarna. layar televisi pun telah mengalami perubahan dari televisi layar cembung ke televisi layar datar.
d.    Internet
          internet merupakan salah satu produk teknologi komunikasi dan informasi yang paling maju saat ini. internet berawal dari diciptaknnya teknologi jaringan komputer sekitar tahun 1960. pada awalnya, jaringan komputer dimanfaatkan oleh angkatan bersenjata Amerika untuk mengembangkan senjata nuklir. setelah itu, di tahun 1970 internet banyak digunkana di universitas-universitas di Amerika dan berkembang pesat sampai saat ini .
           pada tahun 1989, Timothy Berners-Lee, ahli komputer dari Inggris menciptakan World Wide Web, yaitu semacam program yang memungkinkan suara, gambar, film, dan musik ditampilakn dalam internet. karena penemuan inilah internet menjadi lebih menarik tampilannya dan sangat bervarisasi. dahulu internet hanya dapat digunakan oleh kalangan dan dengan kopmponen tertentu saja. tetapi, saat ini orang yang berada di rumah pun bisa terhubung lewat internet dangan mencantumkan modem dan jringan telepon.
          selain itu, internet digunakan oleh perusahaan, lembaga pendidikan, lembaga pemerintah, lembaga militer di seluruh dunia untuk memberikan informasi kepada masyrakat. internet telah memungkinkan manusia berhubungan tanpa batasan ruang dan waktu. selain memberikan banyak manfaat, internet juga memberikan dampak negatif. hal ini dikarenakan terlalu bebasnya informasi yang terdapat dalam internet.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar