Selasa, 15 Februari 2011

mengaktifkan dan mematikan komputer sesuai prosedur yang benar

Mengaktifkan Dan Mematikan Komputer Sesuai Dengan Prosedur Yang Benar

B.Pengertian Booting
Tiga komponen yang dibutuhkan untuk mengaktifkan komputer yaitu, hardware, software, dan user(brainware).hadware merupakan perangkat keras yang terdiri dari cpu,keyboard,dan perangkat pendukung lainnya. software adalah program yang mendukung untuk operasional hardware. sedangkan user atau braindware adalah pengguna komputer.

Langkah awal dalam mengoperasikan komputer adalah proses BOOTING.Booting adalah proses pemasukan arus litrik ke dalam peralatan komputer,sehingga komputer dapat berkomunikasi dengan pengguna user. Program yang menghubungkan pengguna dengan komputer adalah sistem operasi (operating sistem). Sistem operasi dalam bentuk disket disebutDISK OPERATINGYSTEM (DOS)dan jika dalam bentuk tape disebut TAPE OPERATING SISTEM(TOS).
Cara BOOTING ada 2 macam yaitu Booting komputer dari keadan mati (tidak mendapat suplai listrik) yang dikenal sebagai tooth booting dan BOOTING pada saat komputer sudah hidup (mendapat suplai listrik) dikenal sebagai warm booting.

C. Cold Booting

Langkah-langkah proses booting dingin (cold boot)
1. Pastikan bahwa kabel pada power suplay atau listrik sudah terpasang dengan baik.
2. Hidupkan monitor dengan menekan tombol power pada monitor, biasanya ada pada bagian bawah layar monitor.
3. Tekan tombol power pada bagian depan cpu
Jika dekstop sudah tampil, artinya komputer sudah dapat digunakan. Keunggulan dari penggunaan dekstop adalah icon-icon short cut(perintah cepat) yang ada pada walpaper.
4. Klick tombol start
5. Klick turn off komputer
6. Pilih turn off komputer.
Komputer untuk beberapa saat akan mengecek keadaan dirinya dan tak lama kemudian lampu di cpu akan padam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar