Jumat, 04 Februari 2011

Peralatan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi

A.     Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi 
        
        Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi saat ini berjalan begitu cepat. hal ini seiring dengan kemajuan yang dicapai pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. sekarang ini, hampir tidak ada seorang pun yang tidak bersinggungan dengan teknologi komunikasi dan informasi. banyak aspek dalam teknologi komunikasi dan informasi yang terus berkembang. kemajuan komputasi dalam penggunaan komputer telah menunjukan bahwa industri teknologi komunikasi dan informasi dunia sekrang ini benar-benar bergerak ke arah mobilitas menembus batasan fisik ruang dan waktu .
  1.  Media Komunikasi Masa Lalu
              Semenjak ditemukannya alat komunikasi untuk pertama kalinya, alat komunikasi ini terus mengalamiperkembangan. berdasarkan rentang waktunya, peralatan komunikasi dibedakan menjadi alat komunikasi masa lalu (kuno) dan alat komunikasi modern. alat komunikasi masa lalu masih sangat sederahan jika dibandingkan dengan alat komunikasi yang sekarang ini, peralatannya pun masih menggunakan bahan-bahan yang ada di alam, seperti daun lontar kentongan, dan asap. berikut akan bahas beberapa media komunikasi yang digunakan pada masa lalu.
     a.    Daun lontar dan prasasti
                Pada zaman dulu orang sudah mulai menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. kegiatan surat-menyurat di indonesia telah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram
                 walaupun pada masa itu kegiatan tersebut masih terbatas pada kegiatan surat-menyurat antar kerajaan. mereka menggunakan kulit bambu sebagai bahan untuk menulis.l
                 Akan tetapi, yang lazim dipakai untuk menulis surat pada tempo dulu lebih dominan daun lontar. namun ada juga yang menggunakan bambu, tulang binatang, labu hutan, rotan, dan lempengan batu (dikenal dengan nama prasasti). oleh karena itu, ahli sejarah sering menemukan peninggalan sejarah yang berupa prasasti dan catatan dalam daun lontar.
      b.    Kentongan (Kentungan)
                  Kentongan dikenal sebagai salah satu sarana komunikasi tradisional. kentongan sudah lama di Indonesia, mulai dari Demak, Mataram, Surakarta, Yogyakarta, serta daerah lainnya di Indonesia. kentongan digunakan untuk memberi tahu warga atau masyarakat bahwa telah atau akan terjai sesuatu.
                   tanda atau kode yang digunakan berbeda-beda antara satu peristiwa dengan peristiwa lainnya. misalnya, tanda kentongan menandakan akan adanya bahaya banjir berbeda dengan tanda kentongan yang digunakan sebagai tanda adanya pencurian, kenduri, adanya perayaan, atau akan ada lawan menyerang.
                    pada masa kerajaan, kentongan juga digunakan pamong kerajaan bila hendak menyampaikan pesan dan perintah sang raja atau prabu kepada rakyatnya. pamong kerajaan tinggal memukul kentongan sehingga rakyat dengan bergegas datang berkumpul di suatu tempat yang sudah lazim mereka gunakan.
                     walaupun terjadi perkembangan teknologi yang cukup pesat, namun kentongan merupakan sarana komunikasi tradisional yang masih dapat bertahan sampai saat ini, khususnya di daerah pedesaan .
                     kentongan masih digunkaan, misalnya di bidang keamanan dipakai sebagai sarana ronda malam. kentongan juga dipakai sebagai petunjuk waktu. keuntungan besar (bedug) digunkaan sebagai tanda bahwa waktu salat telah tiba.
   
      c. Asap
              orang-orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. asap dikenal sangat populer digunkaan sebagai media kominikasi suku bangsa Indian di Amerika. alat komunikasiini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan.
               seperti halnyakeuntungan, berkomunikasi dengan menguunakan asap tidak memiliki kode yang standar (buku). misalnya satu kepulan asap dapat berarti suatu peringatan. dua kepulan asap dapat berarti adanya bahaya. tiga kepulan asap dapat berarti adanya masalah ataupun meminta bantuan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar