Selasa, 15 Februari 2011

operasi dasar pada operating system

Mengenal Operating System pada Komputer dan Handphone


Operating System atau biasa disingkat OS adalah perangkat lunak yang terdapat pada layer pertama pada sebuah komputer. Operating sistem bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras serta operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program desktop base maupun program-program web base.
Salah satu operasi dasar sistem yang dimaksud adalah akses ke disk drive, manajemen memori, skeduling task, dan antar-muka user, management user, dan lain lain.
System operasi memiliki bagian bagian (Module) yang dinamakan Kernel, dengan kernel ini semua opersi dasar sistem dipecah menjadi satu bagian terkecil, sehingga terdapat banyak kernel sesuai dengan golongan fungsinya.
Follow up:
Operating system pada komputer yang ada saat ini diantaranya adalah :
1. Windows
2. Unix
3. Mac

Kini tidak hanya desktop komputer yang membutuhkan Operating System, tetapi juga Handphone. Handphone juga memerlukan operating system seperti layaknya Desktop Komputer untuk melakukan perintah perintah dan operasi dasar. Operating System pada Handphone yang ada saat ini diantaranya adalah :
1. Windows Mobile
2. Symbian
3. PalmOne

Baik Operating System pada desktop komputer maupun Operating System pada Handphone, keduanya memiliki kesamaan yaitu melaksanakan fungsi fungsi dasar pada sistem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar